7 Tips Mengajarkan Anak Makan Sendiri

Belajar makan sendiri adalah salah satu proses perkembangan yang sangat penting untuk anak. Untuk orang dewasa, tentu saja makan tanpa di suapi adalah hal yang gampang di lakukan. Tetapi, untuk anak – anak, mereka harus belajar dulu supaya bisa makan sendiri dengan bagus.

Mengajari anak untuk makan tanpa di suapi mungkin bukanlah hal yang gampang di lakukan. Tapi, menyuapi anak adalah hal yang paling gampang. Walau begitu, menyuapi anak secara terus menerus sampai ia besar juga bukanlah hal yang bagus.

Hal ini hanya akan menghambat perkembangannya saja. ada beberapa cara yang pas untuk mengajarkan anak makan sendiri. Bagaimana? Yuk simak tips berikut ini.

1.Kenalkan Anak Pada Sendok Sebagai Alat Makan

Setelah anak terbiasa makan sendiri dengan finger food, kalian bisa mulai ajak mereka makan memakai sendok. Tahapan mengenalkan anak dengan sendok untuk makan bisa di mulai sekitar umur 13 hingga 15 bulan.

Hal ini juga mungkin saja bisa berbeda di tiap anak. Tetapi, membiarkan anak mencoba makan dengan sendok di usia yang lebih dini bisa mendorong mereka belajar mengembangkan kemampuan makan sendiri.

2.Coba Kenalkan Cara Makan Sendiri Sedini Mungkin

Kalian bisa mulai kenalkan cara makan sendiri kepada anak saat usia mereka menginjak 8 bulan. Tetapi, ada juga beberapa anak yang mungkin bisa memulai lebih cepat. Kalau kalian merasa mampu, cobalah ajarkan anak kalian di umur 6 bulan atau saat dia sudah di perkenalkan dengan makanan padat.

Tetapi, pastikan dulu di usia ini mereka sudah bisa mengambil benda di sekelilingnya, mengunyah makanan, dan duduk sendiri. Walau begitu, kalian harus ingat kalau perkembangan tiap anak bisa berbeda.

Itula kenapa, sebaiknya sesuaikanlah dengan kemampuan anak dan jangan paksakan anak saat kalian sedang mengajarkan dia untuk makan tanpa di suapi.

3.Berikan Pujian Saat Mereka Berhasil Makan Sendiri

Supaya anak lebih bersemangat saat makan, kalian bisa berikan pujian pada mereka saat ia berhasil memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Saat mendengarkan pujian dari kalian, anak akan terpacu untuk bisa makan tanpa di suapi serta menghabiskan makanan mereka.

Saat anak berhasil menghabiskan makanan, berikan juga mereka pujian supaya mereka selalu berusaha menghabiskan makanan mereka.

4.Gunakan Celemek Makan pada Anak

Untuk membantu kalian membersihkan makanan anak sesudah makan, kalian bisa pakaikan mereka celemek makan atau letakkan alas di bawah tempat makan anak. Hindarilah membersihkan tangan anak terlalu sering saat berantakan karena makanan.

Karena, mereka bisa merasa terganggu saat makan dan membuat mereka tak mau menghabiskan makanannya. Di umur 18 bulan, anak biasanya akan lebih baik dalam memakai sendok. Lalu di umur 2 / 3 tahun biasanya mereka sudah bisa memakai sendok tanpa terjatuh.

5.Memberi Anak Makanan Yang Bisa Dipegang Oleh Tangan (Finger Food)

Di tahap awal, kalian bisa mulai dengan memberikan anak makanan yang bisa mereka pegang atau finger food. Hal ini bisa melatih bagaimana mereka akan menggenggam makanan lalu membawanya sampai ke mulut dan memakannya.

Makanan yang bisa di pakai sebagai finger food adalah makanan yang gampang di genggam oleh anak serta memiliki tekstur lunak. Contohnya buah apel yang di potong, brokoli kukus, wortel kukus, papaya yang di potong kecil, kentang rebus, dan lain – lain.

Itulah beberapa tips mengajari anak makan sendiri. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas