5 Tips Agar Hubungan Keluarga Tetap Sehat dan Harmonis

Melakukan aktivitas fisik dengan teratur adalah hal yang sangat penting. Karena hal ini bisa membantu menurunkan risiko penyakt kronis termasuk oobesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, depresi, kanker, dan masih banyak lagi.

Aktivitas fisik yang meningkat juga dapat mengurangi risiko kematian dini akibat penyakit jantung tanpa gejala di dalam wanita serta pria. Namun, kebanyakan orang sekarang ini menjalani gaya hidup tak aktif yang dapat meningkatkan risiko penyakit kronis.

Padahal, anggota keluarga dan anak – anak harus tetap dengan aktif secara fisik untuk mengurangi risiko berbagai macam penyakit. Penelitian menunjukkan kalau keluarga yang melibatkan diri di dalam aktivitas fisik anak – anak mereka punya dampak yang lebih besar pada perilaku anak – anak di bandingkan dengan mendorong serta mengamati aktivitas fisik anak – anak mereka secara verbal.

Orang tua merupakan panutan untuk anak – anak mereka. Jadi, berbagai aktivitas fisik bersama bisa meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan dan bisa membuat keluarga jadi menikmati waktu bersama. Lalu, apa saja sih hal yang bisa menjaga kesehatan keluarga? Yuk simak.

1.Berikan Hadiah

Daripada membeli baju, video game, aau mainan yang mahal untuk ulang tahun anak, belilah sesuatu yang bisa membuat anak – anak tetap merasa bugar.

Contoh hadiah yang bisa di berikan adalah bola sepak, raket tenis, sepeda, atau skater. Ini akan membantu ayah, ibu, dan anak – anak untuk terlibat ke dalam aktivitas fisik serta membantu meningkatkan kebugaran.

2.Jalan – Jalan Bersama

Berjalan – jalan tiap hari di lingkungan rumah atau taman selama 20 – 30 menit per hari dengan anak – anak merupakan sebuah cara yang sempurna untuk merenungkan hari serta belajar mengenai apa yang terjadi di dalam kehidupan masing – masing.

Cara ini akan membantu anak – anak serta anggota keluarga untuk terhubung dengan alam di luar serta memberikan lagi energy yang mungkin sudah habis.

3.Latih Hobi Bersama

Kalau orang tua dan anak punya hobi yang sama, maka nikmati dan lakukanlah bersama. Misalnya kalau suka olahraga, maka bermainlah bersama. Kalau suka menari, maka pelajarilah entuk tarian yang baru lalu ajarkan anak – anak sedikit gerakan.

Kalau suka berkebun, maka perkenalkanlah anak – anak pada makanan yang sehat dan ajarkan pada mereka betapa pentingnya menjaga lingkungan.

4.Coba Aktivitas Baru

Cobalah aktivitas yang baru serta penuh petualangan bersama anak – anak. Karena hal ini bukan Cuma bisa meningkatkan kebugaran namun juga bisa meningkatkan ikatan keluarga. Contohnya, orang tua serta anak bisa melakukan hiking bersama.

5.Nikmatilah Kegiatan Yang Menyenangkan Bersama dan Terapkan Rencana Nutrisi Keluarga

Keluarga harus membuat program olahraga serta kesenangan untuk anak – anak yang kemunkinan besar akan membantu semua keluarga yang terlibat. Contohnya, bangun di pagi hari serta pergi lari atau sepedaan bersama, melukis, menggambar bersama, atau pergi ke taman untuk bermain.

Selain itu, kalau mau tetap sehat dan bugar, nutrisi juga memainkan peran yang penting. Makan makanan yang tepat bisa membantu anak – anak dan anggota keluarga dalam menjaga berat badan yang sehat serta meningkatkan tingkat energy.

Mulailah hari dengan sarapan bergizi, jaga supaya makan siang dan makan malam keluarga ringan dan sederhana. Siapkanlah rencana menu nutrisi tiap hari yang mencakup berbagai makanan.

Itulah berbagai tips untuk menjaga keluarga kalian supaya tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas