5 Tips Memberikan Cemilan Sehat Pada Anak 1 Tahun

Usia balita merupakan usia emas untuk pertumbuhan serta perkembangan anak. Pada usia ini, sangat penting untuk para orang tua memberikan pendidikan, perawatan, serta nutrisi terbaik untuk anak. Pada dasarnya, anak sudah mulai di perkenalkan dengan makanan sejak ia berumur 6 bulan.

Seiring usia bertambah, anak pun bukan Cuma akan di berikan makanan berupa bubur saja namun juga makanan lain seperti orang dewasa. Usia 1 tahun sendiri harusnya sudah bisa makan makanan yang teksturnya lebih kasar.

Mereka juga sebaiknya di perkenalkan dengan cemilan yang sehat untuk membantu nutrisi masuk ke tubuhnya makin maksimal. Lalu, apa saja sih cemilan sehat tersebut dan bagaimana cara memberinya? Yuk simak.

1.Pilih Makanan Yang Sehat

Kalau kalian mendapati anak susah makan apalagi umurnya masih satu tahun, maka kalian harus pintar – pintar memilih makanan yang anak sukai. Selain memperhatikan rasa makanan, kalian juga harus memperhatikan kandungan nutrisi di dalam makanan mengingat usia ini anak masih rentan pada berbagai masalah termasuk pencernaan saat memakan sembarangan makanan.

Kalian harus lebih bijak dan pintar memilih makanan serta cemilan sehat untuk anak. Pastikan supaya makanan mereka yang sulit di makan masih tetap aman untuk mereka. Makanan atau cemilan yang di berikan ke anak umur 1 tahun ke bawah sebaiknya adalah makanan yang rendah gula dan garam. Makanan juga tak boleh mengandung banyak minyak atau kandungan yang dapat berbahaya untuk tumbuh kembang mereka.

2.Berikan Contoh

Saat mau memberikan cemilan sehat ke anak umur 1 tahun, berikan lah mereka contoh, cemilan sehat yang bisa di berikan ke anak antara lain buah, sayur, susu, yogurt, keju, ubi, ikan, labu, hingga tahu. Kalian ingin anak makan makanan itu maka berikanlah contoh kalau kalian juga suka dan memakannya.

Hindarilah melarang anak memakan makanan lain selain yang kalian sediakan padahal kalian memakannya. Melarang anak memakan makanan lain hanya akan memberikan dampak negative pada dirinya. Ia bisa jadi benci makanan yang kalian sediakan untuk mereka dan mencari cara supaya boleh makan makanan lain di luar rumah saat sudah besar nanti.

3.Cari Tahu Elergi Anak

Saat memberikan cemilan ke anak, cari tahulah reaksi alergi yang anak alami. Segeralah hentikan cemilan atau makanan apapun itu yang bisa membuat anak alergi.

Untuk memberikan makanan baru pada anak, penelitian menemukan kalau setidaknya orang tua harus melakukan percobaan sebanyak 6 – 15 kali sampai anak terbiasa dan suka dengan makanan baru itu.

4.Aneka Cemilan Sehat

Ada beberapa makanan sehat yang bisa di jadikan cemilan untuk anak umur 1 tahun. Cemilan itu antara lain buah – buahan dengan tekstur lembut seperti pisang, mangga, stroberi, semangka, dan sejenisnya. Sayuran hijau seperti sawi, brokoli, bayam, kacang panjang juga bisa di jadikan cemilan. Kalau mau memberikan sayuran, pastikan untuk merebus atau mengkukusnya sampai benar – benar matang dan teksturnya lunak ya.

5.Berikan Dalam Porsi Kecil dan Perhatikan Waktu Nyemil

Berikan cemilan ke anak dalam porsi yang kecil. Perhatikan pula waktu memberikan cemilan ke mereka. Sebagusnya cemilan di berikan pada sela – sela waktu sarapan dan makan siang atau di sela – sela makan siang dan makan malam.

Hindarilah memberikan cemilan pada waktu yang sangat dekat dengan waktu makan utama apalagi di waktu makan. Usahakan untuk memberikan cemilan dalam porsi kecil demi menghindari anak kenyang sebelum makan.

Itulah beberapa tips memberikan cemilan sehat untuk anak. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas